Menahan Perkembangbiakan Lalat Pada Kandang Ayam

Menahan Perkembangbiakan Lalat Pada Kandang Ayam – Bila anda seringkali ada di seputar kandang pasti bukan satu yang asing untuk kita jumpai serangga yang satu ini, ya. Lalat. Lalat ialah hama yang pantas dicermati dalam memperhatikan kesehatan kandang yang kita punya.

Menahan Perkembangbiakan Lalat Pada Kandang Ayam

Menahan Perkembangbiakan Lalat Pada Kandang Ayam

Pada intinya lalat bukan pembuat penyakit karena belum pernah diketemukan penyakit lalat seperti penyakit gumoro yang dikarenakan oleh virus gumoro. Tetapi, lalat tetaplah menjadi pemicu penyakit karena lalat odalah serangga penyakit atau penditribusi virus atau benih penyakit.

Ada beberapa pemicu serangan lalat pada kandang ayam, salah satunya :

Lingkungan kandang kotor, seperti bangkai ayam tidak dikubur dengan baik, jumlahnya sampah berantakan, dan sebagainya. Situasi keadaan kandang lembab, lalat suka pada situasi lembab untuk berkembang biak, khususnya pada feces yang lembab/basah.

Ayam sabung bangkok sakit, Biasanya ayam yang sedang sakit tidak dapat mengolah makanan dengan baik hingga kotorannya lebih basah serta berisi amoniak tinggi yang disenangi sekali lalat untuk berkembang biak telurnya. pun mengundang lalat.
Pengelolaaan penyimpanan ataupun pemberian pakan yang asal-asalan, jumlahnya pakan yang tercecer/tumpah dapat mengundang lalat, ditambah lagi jika pakan yang tercecer itu terserang air serta jadi lembap. Sekitar lingkungan kandang kotor, lingkungan di sekitar kita yang kotor atau kotor bisa mengundang serbuan lalat .

Bentuk anatomi tubuhnya yang terdapat banyak bulu tanpa ada menyengaja membawa bibit penyakit (virus, bakteri, protozoa) yang menempel serta menyebar ke hewan lainnya. Diluar itu,langkah makan lalat pun diduga menjadi penyebaran bibit penyakit ke hewan ternak. Langkah makan itu lewat cara meludahi makanan dengan cairan cernanya hingga makananya gampang di sedot dalam tubuhnya.

Cairan itu mungkin berisi virus, bakteri atau bibit penyakit yang meneror kesehatan pada hewan terutamanya ayam pertandingan yang paling disayangi kita. Ada cara-cara menahan berkembangbiaknya lalat pada kandang, seperti berikut :

1. Dengan bersihkan feses paling tidak satu minggu sekali. Siklus hidup lalat dalam periode waktu satu minggu dapat kita hindari dengan bersihkan kandang satu minggu sekali.
2. Pemberian ransum dengan kandungan nutrisi yang sesuai dengan, kandungan protein tinggi serta garam.bisa memimbulkan ayam tetap ingin minum banyak hingga fesesnya juga bisa menjadi encer (basah)
3. Bila perlu imbuhkan batu kapur ataupun abu padalitter hingga bisa menolong kembalikan potensi tanah menyerap air.
4. Berhati-hati waktu pergantian atau pengisian tempat minum. Jangan pernah air minum tumpah. Diluar itu lihat situasi tempat minum atau paralon serta selekasnya perbaiki situasi genting yang bocor.
5. Bila feses akan disimpan, keringkan feses terlebih dulu (kandungan air< 30%) lewat cara dijemur diterik matahari (bila sangat mungkin). Feses yang disimpan dalam situasi lembab dapat percepat perkembangbiakan larva lalat.
6. Lihat skema perputaran ventilasi hawa. Situasi ventilasi kandang yang baik akan percepat proses pengeringan feses
7. Kerjakan perbaikan pada atap yang bocor, kandang yang basah menyebbkan fasesjuga basah hingga ini akn menggundang lalat untuk hadir.
8. Yakinkan perancangan aliran pembuangan air berperan baik, janganlah dibiarkan air mengendap.

Selain memberantas lalat dewasa alangkah lebih baiknya Anda juga membunuh larva lalat supaya daur hidup lalat bisa di stop atau minimum mengecilkan jumlahnya populasi lalat yang bisa jadi hadir menyerang kandang broiler Anda. Diluar itu, populasi lalat makin bertambah dengan sangat cepat menjadi efek yang disebabkan dari sampah yang dibuat ternak, baik kotoran ternak atau pakan ternak yang tidak termakan.

Baca Juga : Penyembuhan Mata Ayam Sabung Yang Terserang Jalu

error: Terima Kasih

Agen Sabung Ayam Online